RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
A. Identitas
Nama
Sekolah :
SMP.........................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII / II (Dua)
Standar
Kompetensi : 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut,
sudut dengan
sudut, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi
Dasar : 5.2 Memahami
hubungan antar sudut dan
sifat-sifat sudut yang
terbentuk jika dua
garis berpotongan atau dua garis sejajar
berpotongan dengan garis lain.
Indikator :
·
Menjelaskan
hubungan antar sudut.
·
Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar
dipotong garis ketiga ( garis lain).
·
Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk
menyelesaikan soal.
Alokasi
Waktu : 4 × 40 menit (Dua
pertemuan)
B. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
1.
Menjelaskan
hubungan antar sudut
2.
Menemukan
sifat-sifat sudut jika dua garis sejajar di potong garis ketiga (garis lain).
3.
Menyelesaikan
soal-soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut dan garis.
C. Materi
Pembelajaran
1.
Garis
dan sudut.
2.
Hubungan
antar sudut
3.
Sifat-sifat
sudut jika dua garis sejajar di potong oleh garis lain.
D. Metode
Pembelajaran
Demonstrasi,
diskusi, persentasi, tanya jawab, ceramah dan penemuan.
E. Kegiatan
Pembelajaran.
Langkah-langkah:
Pertemuan 1
1. Pendahuluan
Apersepsi : Guru
mengingatkan kembali kepada siswa bagaimana terbentuknya
sudut.
Motivasi :
Apabila materi ini dipelajari dengan baik, siswa dapat menjelaskan
hubungan antar sudut dengan baik.
2. Kegiatan
Inti
·
Dengan
berdialog guru meminta siswa untuk menyebutkan benda di dalam kelas yang
berbentuk sudut.
·
Guru
dan siswa berdiskusi tentang hubungan antar sudut.
·
Guru
meminta siswa mengerjakan soal yang terdapat di LKS.
·
Guru
dan siswa membahas soal secara bersama-sama.
3. Penutup
·
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
·
Guru
dan siswa melakukan tanya jawab.
·
Guru
memberikan tugas (PR) yang terdapat pada LKS.
Pertemuan 2
1. Pendahuluan
Apersepsi : Membahas PR
Motivasi : Apabila
materi ini dipelajari dengan baik, siswa dapat dengan mudah
mengetahui ukuran sebuah sudut, karena telah mengetahui sifat-sifat
sudut.
2. Kegiatan
Inti
·
Guru
demonstrasi, guru menunjukan cara
menggambar dua garis berpotongan atau dua garis sejajar dipotong garis ketiga
(garis lain).
·
Guru
meminta siswa membentuk 5 buah kelompok.
·
Tiap
kelompok diminta untuk menemukan sifat-sifat sudut yg terbentuk dari dua garis
berpotongan atau dua garis sejajar yang dipotong dari garis ketiga (garis
lain).
·
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempersentasikan hasilnya di depan kelas.
·
Setelah
semua kelompok mempersentasikan hasil diskusinya, guru memberikan kesimpulan.
·
Guru
memberikan contoh soal yang yang berkaitan dengan dua garis berpotongan atau
dua garis sejajar yang dipotong garis ketiga (garis lain).
·
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal yang terdapat di LKS.
·
Guru
dan siswa menjawab soal secara bersama-sama.
3. Penutup
·
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman.
·
Siswa
dan guru melakukan tanya jawab.
·
Guru
memberikan tugas (PR) yang terdapat pada LKS.
F. Sumber
Belajar
1.
Lembar
Kerja Siswa (LKS).
2.
Buku
Matematika SMP Kelas VII, Karya Drs.Sukino, Penerbit Erlagga.
G. Penilaian
Teknik
penilaian : Tes tertulis
Bentuk
instrument : Uraian
H. Instrument
Mengetahui,
Kepala Sekolah.................... Guru Mata
pelajaran
.............................................. ...................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar