RENJANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMP PGRI KASIHAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : VII A / 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta
menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga
berdasaran sisi dan sudutnya, serta menghitung keliling dan luas segitiga.
Indikator : 1.
Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya serta
menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan segitiga.
1.
Menjelaskan
pengertian segitiga.
2.
Menjelaskan
jenis-jenis segitiga ditinjau dari sisi dan sudutnya.
3.
Mengidentifikasi
sifat-sifat segitiga istimewah.
4.
Menggambar
segitiga istimewah.
5.
Menjelaskan
rumus untuk mencari keliling dan luas segitiga.
6.
Memberikan
contoh menghitung luas dan kelilingnya
pada segitiga.
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
A. Tujuan
pembelajaran
1.
Siswa
dapat memahami konsep segitiga.
2.
Siswa
dapat menggambar segitiga istimewah yang benar.
3.
Siswa
dapat menyelesaikan soal-soal tentang menghitung luas dan keliling segitiga.
B.
Materi ajar : Segitiga
C.
Metode pembelajaran : ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, dan penemuan.
D.
Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan.
Apersepsi : Mengaitan materi yang akan diajarkan dengan pengetahuan awal
siswa, dengan cara mengajukan
pertanyaan.
Kegiatan inti.
·
Guru
menyajikan pengetahuan ( menjelaskan) pengertian segitiga dan jenis-jenis
segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.
·
Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasi sifat-sifat segitiga istimewah.
·
Guru
mengecek pemahaman siswa dengan tanya jawab.
·
Guru
menjelaskan cara menggambar segitiga istimewah.
·
Guru
menjelaskan rumus untuk mencari luas dan keliling segitiga.
·
Guru
memberikan contoh soal.
·
Guru
mengecek pemahaman siswa lagi dengan tanya jawab.
·
Siswa
mengerjakan latihan.
Penutup.
·
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
·
Siswa
dan guru melakukan refleksi.
·
Guru
memberi PR untuk soal yang belum selesai dikerjakan.
Alat
dan dumber belajar : Buku teks,
penggaris, jangka, busur derajat, dan alat peraga.
Penilaian.
Teknik penilaian :
Test
Bentuk instrumen : Pertanyaan lisan dan tulisan
Instrument:
1.
Sebutkan
sifat-sifat dari segitiga istimewah!
2.
Lukiskan
segitiga PQR yang merupakan segitiga sama kaki dengan PR = QR. Titik P (1,1)
dan Q (1,7). Apabila R(5,z), tentukan nilai z?
3.
Ika
bermain sepeda mengelilingi tanah lapang berbentuk segitiga dengan sisi-sisinya
100 m, 75 m, dan 125 m,. Setiap 2 menit ika dapat menambah jarak 150 m. Berapa
menit ika mengelilingi lapangan itu sebanyak 2 kali?
4.
Gambarlah
segitiga ABC sama kaki dengan A(4,4), B(12,4), dan C(p,10).
a.
Tentukan
nilai p!
b.
Tentukan
panjang garis tinggi dari titik C!
c.
Hitunglah
luas daerah segitiga ABC itu!
SKENARIO
PEMBELAJARAN
AWAL
a.
Guru
menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajar
b.
Guru
mengucap salam
c.
Guru
dan siswa membaca basmalah dan doa
d.
Guru
menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
e.
Guru
memberikan appersepsi :Apakah yang siswa ketahui tentang segitiga?
f.
Guru
mengajukan pertanyaan : Apa jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya?
INTI
Guru menjelaskan konsep segitiga.
1.
Siswa
diminta untuk membuat gambar segitiga istimewah.
2.
Kemudian
guru meminta siswa menyebutkan sifat-sifat segitiga istimewah berdasarkan
gambar yang dibuat.
3.
Guru
membuat kesimpulan dari jawaban siswa tentang sifat-sifat segitiga istimewah.
4.
Kemudian
guru memberikan contoh soal yang menghitung luas dan keliling segitiga.
5.
Guru
memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari
contoh yang diberikan.
6.
Kemudian
guru menjelaskan kembali bagian yang belum dipahami oleh siswa dengan
memberikan penekanan pada hal-hal penting.
AKHIR
a.
Guru
dan siswa menyimpulkan pelajaran bersama-sama.
b.
Kemudian
guru melakukan evaluasi secara lisan.
c.
Guru
memberikan penilaian terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran.
d.
Guru
memberi motivasi pada siswa untuk mengulang-ulang pelajaran di rumah.
e.
Guru
menutup pelajaran dengan membaca doa / hamdalah.
A. Sinopsis
Sajian ini diawali dengan guru menanyakan apakakah hari
ini siswa sudah siap untuk menerima
materi baru. Lalu melanjutkan dengan menanyakan pemahaman siswa mengenai materi
baru yang akan dipelajari.
Hingga akhirnya setelah pelajaran ini siswa dapat
memahami betul konsep segitiga dan dapat menyelesaikan soal tentang menghitung luas dan keliling segitiga.
B. Setting
Ruang kelas : Terditi dari meja dan kursi guru, meja dan kursi siswa-siswa,
dan papan tulis.
C. Properti
Penggaris, jangka, busur derajat, dan alat peraga.
D. Talent
Guru dan siswa-siswanya.
E. Naskah
Pagi hari di sebuah sekolah
Guru : “Asalamualaikum
Wr.Wb”
Siswa : “Wa’alaikum salam Wr.Wb”
Guru : “Selamat pagi anak-anak” (sambil meletakan
buku dan alat-alat untuk mengajar diatas meja)
Siswa
: “Selamat pagi bu”
Guru : “Bagaimana kabar kalian hari ini?”
Siswa
: “Baik bu...”
Guru : “Tolong ketua kelasnya pimpin doa?”
Ketua
kelas : “Baik bu, berdoa dimulai”
Seketika
suasana kelas hening
Ketua
kelas : “Berdoa selesai”
Guru : “Sekarang ibu akan mengabsen kalian semua”
Guru
memanggil nama siswa satu persatu
Guru : “Apakah hari ini kalian sudah siap untuk
menerima materi baru?”
Siswa
: “Sudah bu....”
Guru : “ Siapa yang tahu hari ini kita akan
mempelajari materi apa?”
Semua
siswa diam
Guru : “Hari ini kita akan mempelajari tentang
segitiga. Semuanya pasti sudah pernah dengar tentang segitiga”
Siswa
: “Ya bu......”
Guru
menunjuk salah satu siswa
Guru
: “Coba jelaskan kepada ibu dan
teman-teman kamu, apa yang dimaksud dengan segitiga?”
Siswa
: “Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga buah sisi dan tiga buah
sudut”
Guru menggambar bangun segitiga di papan tulis
Guru : “Iya. Jadi segitiga adalah bidang datar
yang dibatasi oleh tiga buah garis lurus dan membentuk tiga sudut” (sambil
menunj gambar segitiga di papan tulis)
Guru : “kita bisa mengetahui jenis-jenis segitiga
berdasarkan sisi dan sudutnya. Ada berapa jenis segitiga berdasarkan sisinya?
Siswa
: “Ada tiga bu....”
Guru : “ Coba sebutkan ketiga jenis segitiga itu?”
(guru menunjuk salah satu siswa)
Siswa
: “ Segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang”
Guru
kemudian menjelaskan ketiga macam segitiga itu dengan menggunakan alat peraga
Guru : “Berdasarkan sudutnya segitiga ada berapa
jenis?”
Semu
siswa diam
Guru : “Coba sebutkan apa saja jenis segitiga berdasarkan sudutnya?” (sambil menunjuk salah
satu siswa)
Siswa
: “Segitiga siku-siku”
Guru : “Ya jawaban kamu benar, tetapi ada yang tau
jenis segitiga yang lainnya?”
Salah
satu siswa menjawab
Siswa
: “Segitiga siku-siku, segitiga lancip, dan segitiga tumpul”
Guru : “Ya tepat sekali. Jadi jenis-jenis sgitiga
berdasarkan sudutnya ada tiga yaitu segitiga siku-siku, segitiga lancip dan
segitiga tumpul”
Guru
menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudutnya dengan menggunakan alat
peraga
Guru : “Apa ada pertanyaan?”
Semua
siswa diam
Guru : “Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan
segitiga sama sisi?” (guru menunjuk salah satu siswa)
Siswa
: “Segitiga sama sisi adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang”
Guru : “Apa saja jenis segitiga istimewah?”
Semu
siswa diam
Guru : “Coba sebutkan tiga jenis segitiga
istimewah?” (guru menunjuk salah satu siswa)
Siswa
: “Tidak tahu bu...”
Guru : “Segitiga istimewah terdiri dari segitiga
siku-siku, segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki. Sekarang kalian bentuk
tiga kelompok. Tiap kelompok membahas satu jenis segitiga. Hasil diskusi kalian
dibacakan didepan teman-teman kalian”
Siswa
membentuk kelompok sesuai dengan permintaan guru. Setiap kelompok membahas satu
jenis segitiga. Dan semu siswa sibuk dengan kelompok masing-masing.
Setelah
diskusi pada kelompok selesai, setiap kelompok membacakan hasil diskusinya di
dipan kelas dan kelompok lain menaggapinya. Setelah semua kelompok membacakan
hasil diskusinya, guru meminta siswa kembali duduk pada posisi awal.
Guru : “Sekarang ibu akan menggambarkan segitiga
istimewah di papan tulis, dan semuanya harus memperhatikan ke depan jangan ada
yang menulis”
Guru
menggambar setiap jenis segitiga istimewah di papan tulis, dan siswa
memperhatikan dengan sesama.
Guru : “ Sekarang kalian gambar jenis segitiga
istimewah yang ada di papan tulis pada buku kalian dengan cara yang telah ibu
ajarkan”
Siswa
: “Ya bu....”
Susana
dikelas menjadi tenang dan setiap siswa sibuk menulis
Guru : “ Apakah sudah selesai semua
menggambarnya?”
Siswa
: “Sudah bu....”
Guru : “ Sekarang kita akan menghitung luas dan
keliling pada segitiga. Apa ada yang tahu rumus mencari keliling dan luas
daerah segitiga?”
Semua
siswa diam
Guru : “Coba sebutkan rumus mencari keliling
segitiga?” (meminta salah satu siswa untuk menjawabnya)
Siswa
: “ Keliling segitiga adalah jumlah seluruh sisi segitiga”
Guru : “ Ya tepat sekali. Jadi keliling segitiga
adalah jumlah seluruh sisi pada segitiga”
Kemudian
guru menjelaskan cara mencari keliling segitiga dan memberikan satu contoh soal
Guru : “Apa ada pertanyaan?”
Semu
siswa diam dan guru mengecek pemahaman siswa dengan menunjuk salah satu siswa
untuk menjawab pertanyaannya.
Guru : “kalau semua sudah mengerti, sekarang kita
akan mempelajari cara mencari luas daerah pada segitiga. Apa ada yang tau rumus
mencari luas daerah pada segitiga?”
Siswa
: “ Saya bu....”
Guru : “Ya, coba sebutkan rumus mencari luas
daerah pada segitiga?”
Siswa
: “ Rumus mencari luas daerah pada segitiga adalah setengah di kali alas di
kali tinggi”
Guru : “Ya tepat sekali. Jadi rumus mencari luas
daerah pada segitiga adalah setengah di kali luas alas segitiga di kali tinggi
segitiga”
Kemudian
guru menjelaskan cara mencari luas daerah pada segitiga dan contoh soal kepada
siswa.
Guru : “Apakah ada pertanyaan?”
Semua
siswa diam dan guru mengecek pemahaman siswa dengan menunjuk salah satu
siswa. Kemudian guru menulis soal di
papan tulis dan meminta siswa untuk mengerjakannya.
Guru : “Sekarang coba kerjakan latihan soal yang
ada di papan tulis, jika ada yang belum mengerti silakan kalian tanyakan kepada
ibu”
Siswa
: “Baik bu....”
Semua
siswa sibuk mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh gurunya. Tetapi setelah
beberapa menit kemudian tiba-tiba bell tanda berakhirnya pelajaran berbunyi.
Guru : “ Apakah sudah selesai?”
Semua
siswa menjawab dengan serentak “ Belum bu....”
Guru : “Sekarang tutup buku kalian dan soalnya
dilanjutkan dikerjakan dirumah”
Semua
siswa menjawab dengan serentak “Ya bu....”
Guru : “Kalau semuanya sudah jelas kita cukupkan
pelajaran hari ini, kita bertemu lagi minggu depan. Akhir kata dari ibu
wassalamu’alaikum Wr.Wb”
Siswa
: “Wa’alaikumsalam Wr.Wb”
Gurupun
keluar ruangan
terima kasih bu :D , bermanfaat sekali (y)
BalasHapusbagus semoga menjadi reperensi ,sehingga pembelaran matematika smp semakin baik
BalasHapus