VIDIO OK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Loading...

Selasa, 20 Maret 2012

RPP & Skenario Matematika SMP Kelas VII Semester 2


RENJANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah               : SMP PGRI KASIHAN
Mata Pelajaran    : Matematika
Kelas / Semester : VII A / 2

Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar    : 6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasaran sisi dan sudutnya, serta menghitung keliling dan luas segitiga.

Indikator  : 1. Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya serta menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan segitiga.
1.      Menjelaskan pengertian segitiga.
2.      Menjelaskan jenis-jenis segitiga ditinjau dari sisi dan sudutnya.
3.      Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga istimewah.
4.      Menggambar segitiga istimewah.
5.      Menjelaskan rumus untuk mencari keliling dan luas segitiga.
6.      Memberikan contoh  menghitung luas dan kelilingnya pada segitiga.
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit

A.    Tujuan pembelajaran
1.      Siswa dapat memahami konsep segitiga.
2.      Siswa dapat menggambar segitiga istimewah yang benar.
3.      Siswa dapat menyelesaikan soal-soal tentang menghitung luas dan keliling segitiga.

B.     Materi ajar : Segitiga


C.     Metode pembelajaran : ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, dan penemuan.


D.    Langkah-langkah kegiatan

Pendahuluan.
Apersepsi : Mengaitan materi yang akan diajarkan dengan pengetahuan awal siswa,  dengan cara mengajukan pertanyaan.

Kegiatan inti.
·         Guru menyajikan pengetahuan ( menjelaskan) pengertian segitiga dan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi sifat-sifat segitiga istimewah.
·         Guru mengecek pemahaman siswa dengan tanya jawab.
·         Guru menjelaskan cara menggambar segitiga istimewah.
·         Guru menjelaskan rumus untuk mencari luas dan keliling segitiga.
·         Guru memberikan contoh soal.
·         Guru mengecek pemahaman siswa lagi dengan tanya jawab.
·         Siswa mengerjakan latihan.

Penutup.
·         Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi.
·         Guru memberi PR untuk soal yang belum selesai dikerjakan.

Alat dan dumber belajar : Buku teks, penggaris, jangka, busur derajat, dan alat peraga.
Penilaian.
Teknik penilaian  : Test
Bentuk instrumen : Pertanyaan lisan dan tulisan

Instrument:
1.      Sebutkan sifat-sifat dari segitiga istimewah!
2.      Lukiskan segitiga PQR yang merupakan segitiga sama kaki dengan PR = QR. Titik P (1,1) dan Q (1,7). Apabila R(5,z), tentukan nilai z?
3.      Ika bermain sepeda mengelilingi tanah lapang berbentuk segitiga dengan sisi-sisinya 100 m, 75 m, dan 125 m,. Setiap 2 menit ika dapat menambah jarak 150 m. Berapa menit ika mengelilingi lapangan itu sebanyak 2 kali?
4.      Gambarlah segitiga ABC sama kaki dengan A(4,4), B(12,4), dan C(p,10).
a.       Tentukan nilai p!
b.      Tentukan panjang garis tinggi dari titik C!
c.       Hitunglah luas daerah segitiga ABC itu!









SKENARIO PEMBELAJARAN
AWAL
a.       Guru menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajar
b.      Guru mengucap salam
c.       Guru dan siswa membaca basmalah dan doa
d.      Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
e.       Guru memberikan appersepsi :Apakah yang siswa ketahui tentang segitiga?
f.       Guru mengajukan pertanyaan : Apa jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya?

INTI
Guru menjelaskan konsep segitiga.
1.      Siswa diminta untuk membuat gambar segitiga istimewah.
2.      Kemudian guru meminta siswa menyebutkan sifat-sifat segitiga istimewah berdasarkan gambar yang dibuat.
3.      Guru membuat kesimpulan dari jawaban siswa tentang sifat-sifat segitiga istimewah.
4.      Kemudian guru memberikan contoh soal yang menghitung luas dan keliling segitiga.
5.      Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari contoh yang diberikan.
6.      Kemudian guru menjelaskan kembali bagian yang belum dipahami oleh siswa dengan memberikan penekanan pada hal-hal penting.

AKHIR
a.       Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran bersama-sama.
b.      Kemudian guru melakukan evaluasi secara lisan.
c.       Guru memberikan penilaian terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran.
d.      Guru memberi motivasi pada siswa untuk mengulang-ulang pelajaran di rumah.
e.       Guru menutup pelajaran dengan membaca doa / hamdalah.

A.    Sinopsis
Sajian ini diawali dengan guru menanyakan apakakah hari ini siswa  sudah siap untuk menerima materi baru. Lalu melanjutkan dengan menanyakan pemahaman siswa mengenai materi baru yang akan dipelajari.
Hingga akhirnya setelah pelajaran ini siswa dapat memahami betul konsep segitiga dan dapat menyelesaikan soal tentang  menghitung luas dan keliling segitiga.

B.     Setting
Ruang kelas : Terditi dari meja dan kursi guru, meja dan kursi siswa-siswa, dan papan tulis.

C.    Properti
Penggaris, jangka, busur derajat, dan alat peraga.

D.    Talent
Guru dan siswa-siswanya.

E.     Naskah
Pagi hari di sebuah sekolah
Guru  : “Asalamualaikum Wr.Wb”
Siswa : “Wa’alaikum salam Wr.Wb”
Guru  : “Selamat pagi anak-anak” (sambil meletakan buku dan alat-alat untuk mengajar diatas meja)
Siswa : “Selamat pagi bu”
Guru  : “Bagaimana kabar kalian hari ini?”
Siswa : “Baik bu...”
Guru  : “Tolong ketua kelasnya pimpin doa?”
Ketua kelas : “Baik bu, berdoa dimulai”
Seketika suasana kelas hening
Ketua kelas : “Berdoa selesai”
Guru  : “Sekarang ibu akan mengabsen kalian semua”
Guru memanggil nama siswa satu persatu
Guru  : “Apakah hari ini kalian sudah siap untuk menerima materi baru?”
Siswa : “Sudah bu....”
Guru  : “ Siapa yang tahu hari ini kita akan mempelajari materi apa?”
Semua siswa diam
Guru  : “Hari ini kita akan mempelajari tentang segitiga. Semuanya pasti sudah pernah dengar tentang segitiga”
Siswa : “Ya bu......”
Guru menunjuk salah satu siswa
Guru  : “Coba jelaskan kepada ibu dan teman-teman kamu, apa yang dimaksud dengan segitiga?”
Siswa : “Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga buah sisi dan tiga buah sudut”
 Guru menggambar bangun segitiga di papan tulis

Guru  : “Iya. Jadi segitiga adalah bidang datar yang dibatasi oleh tiga buah garis lurus dan membentuk tiga sudut” (sambil menunj gambar segitiga di papan tulis)
Guru  : “kita bisa mengetahui jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya. Ada berapa jenis segitiga berdasarkan sisinya?
Siswa : “Ada tiga bu....”
Guru  : “ Coba sebutkan ketiga jenis segitiga itu?” (guru menunjuk salah satu siswa)
Siswa : “ Segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang”
Guru kemudian menjelaskan ketiga macam segitiga itu dengan menggunakan alat peraga
Guru  : “Berdasarkan sudutnya segitiga ada berapa jenis?”
Semu siswa diam
Guru  : “Coba sebutkan apa saja jenis segitiga  berdasarkan sudutnya?” (sambil menunjuk salah satu siswa)
Siswa : “Segitiga siku-siku”
Guru  : “Ya jawaban kamu benar, tetapi ada yang tau jenis segitiga yang lainnya?”
Salah satu siswa menjawab
Siswa : “Segitiga siku-siku, segitiga lancip, dan segitiga tumpul”
Guru  : “Ya tepat sekali. Jadi jenis-jenis sgitiga berdasarkan sudutnya ada tiga yaitu segitiga siku-siku, segitiga lancip dan segitiga tumpul”
Guru menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudutnya dengan menggunakan alat peraga
Guru  : “Apa ada pertanyaan?”
Semua siswa diam
Guru  : “Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan segitiga sama sisi?” (guru menunjuk salah satu siswa)
Siswa : “Segitiga sama sisi adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang”
Guru  : “Apa saja jenis segitiga istimewah?”
Semu siswa diam
Guru  : “Coba sebutkan tiga jenis segitiga istimewah?” (guru menunjuk salah satu siswa)
Siswa : “Tidak tahu bu...”
Guru  : “Segitiga istimewah terdiri dari segitiga siku-siku, segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki. Sekarang kalian bentuk tiga kelompok. Tiap kelompok membahas satu jenis segitiga. Hasil diskusi kalian dibacakan didepan teman-teman kalian”
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan permintaan guru. Setiap kelompok membahas satu jenis segitiga. Dan semu siswa sibuk dengan kelompok masing-masing.
Setelah diskusi pada kelompok selesai, setiap kelompok membacakan hasil diskusinya di dipan kelas dan kelompok lain menaggapinya. Setelah semua kelompok membacakan hasil diskusinya, guru meminta siswa kembali duduk pada posisi awal.
Guru  : “Sekarang ibu akan menggambarkan segitiga istimewah di papan tulis, dan semuanya harus memperhatikan ke depan jangan ada yang menulis”
Guru menggambar setiap jenis segitiga istimewah di papan tulis, dan siswa memperhatikan dengan sesama.
Guru  : “ Sekarang kalian gambar jenis segitiga istimewah yang ada di papan tulis pada buku kalian dengan cara yang telah ibu ajarkan”
Siswa : “Ya bu....”
Susana dikelas menjadi tenang dan setiap siswa sibuk menulis
Guru  : “ Apakah sudah selesai semua menggambarnya?”
Siswa : “Sudah bu....”
Guru  : “ Sekarang kita akan menghitung luas dan keliling pada segitiga. Apa ada yang tahu rumus mencari keliling dan luas daerah segitiga?”
Semua siswa diam
Guru  : “Coba sebutkan rumus mencari keliling segitiga?” (meminta salah satu siswa untuk menjawabnya)
Siswa : “ Keliling segitiga adalah jumlah seluruh sisi segitiga”
Guru  : “ Ya tepat sekali. Jadi keliling segitiga adalah jumlah seluruh sisi pada segitiga”
Kemudian guru menjelaskan cara mencari keliling segitiga dan memberikan satu contoh soal
Guru  : “Apa ada pertanyaan?”
Semu siswa diam dan guru mengecek pemahaman siswa dengan menunjuk salah satu siswa untuk menjawab pertanyaannya.
Guru  : “kalau semua sudah mengerti, sekarang kita akan mempelajari cara mencari luas daerah pada segitiga. Apa ada yang tau rumus mencari luas daerah pada segitiga?”
Siswa : “ Saya bu....”
Guru  : “Ya, coba sebutkan rumus mencari luas daerah pada segitiga?”
Siswa : “ Rumus mencari luas daerah pada segitiga adalah setengah di kali alas di kali tinggi” 
Guru  : “Ya tepat sekali. Jadi rumus mencari luas daerah pada segitiga adalah setengah di kali luas alas segitiga di kali tinggi segitiga”
Kemudian guru menjelaskan cara mencari luas daerah pada segitiga dan contoh soal kepada siswa.
Guru  : “Apakah ada pertanyaan?”
Semua siswa diam dan guru mengecek pemahaman siswa dengan menunjuk salah satu siswa.  Kemudian guru menulis soal di papan tulis dan meminta siswa untuk mengerjakannya.
Guru  : “Sekarang coba kerjakan latihan soal yang ada di papan tulis, jika ada yang belum mengerti silakan kalian tanyakan kepada ibu”
Siswa : “Baik bu....”
Semua siswa sibuk mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh gurunya. Tetapi setelah beberapa menit kemudian tiba-tiba bell tanda berakhirnya pelajaran berbunyi.
Guru  : “ Apakah sudah selesai?”
Semua siswa menjawab dengan serentak “ Belum bu....”
Guru  : “Sekarang tutup buku kalian dan soalnya dilanjutkan dikerjakan dirumah”
Semua siswa menjawab dengan serentak “Ya bu....”
Guru  : “Kalau semuanya sudah jelas kita cukupkan pelajaran hari ini, kita bertemu lagi minggu depan. Akhir kata dari ibu wassalamu’alaikum Wr.Wb”
Siswa : “Wa’alaikumsalam Wr.Wb”
Gurupun keluar ruangan

 





1 komentar: