RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
A. Identitas
Nama
Sekolah : SMA.........................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / II (Dua)
Standar
Kompetensi : 5. Menggunakan
perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas
trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar : 5.2 Merancang model
matematika dari masalah yang berkaitan
dengan
perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas
trigonometri.
Indikator :
·
Menggambar grafik fungsi trigonometri sederhana.
·
Menyelesaikan persamaan trigonometri sederhana.
·
Membuktikan identitas trigonometri sederhana.
·
Menyelesaikan perhitungan soal menggunakan aturan
sinus dan aturan cosinus.
·
Menghitung luas segitiga yang komponennya diketahui.
Alokasi
Waktu : 6 × 45 menit (Tiga
pertemuan)
B. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
1.
Menggambar grafik fungsi trigonometri sederhana.
2.
Menyelesaikan persamaan trigonometri sederhana.
3.
Membuktikan identitas trigonometri
sederhana.
4.
Menyelesaikan
perhitungan soal menggunakan aturan sinus dan aturan kosinus.
5.
Menghitung luas segitiga yang
komponennya diketahui.
C. Materi
Pembelajaran
1.
Grafik fungsi trigonometri.
2.
Persamaan trigonometri sederhana.
3.
Identitas Trigonometri.
4.
Aturan Sinus untuk segitiga.
5.
Aturan Kosinus untuk segitiga.
6.
Luas Segitiga
D. Metode
Pembelajaran
Demonstrasi,
diskusi, persentasi, stimulasi, ceramah, tanya jawab dan penemuan.
E. Kegiatan
Pembelajaran.
Langkah-langkah:
Pertemuan 1
1. Pendahuluan
Apersepsi :
Mengingatkan kembali tentang nilai perbandingan trigonometri.
Motivasi :
Apabila materi ini dipelajari dengan baik, siswa dapat menggambar
grafik fungsi trigonometri dan menyelesaikan persamaan trigonometri
sederhana.
2. Kegiatan
Inti
·
Guru
mendemonstrasikan cara menggambar grafik trigonometri kepada siswa.
·
Dengan
batuan alat peraga dan media guru menunjukan kepada siswa gambar gerafik sinus,
kosinus, dan tangen.
·
Guru
meminta siswa untuk membentuk kelompok, tiap kelompok diberi soal grafik fungsi
trigonometri yang berbeda.
·
Kemudian
guru meminta untuk tiap kelompok mempersentasikan hasil diskusinya dan siswa
lain diminta untuk menaggapinya.
·
Setelah
semua kelompok selesai mempersentasikan hasil diskusinya, guru melanjutkan
dengan mendemonstrasiakan bentuk persamaan trigonometri sederhana.
·
Kemudian
guru memberikan contoh soal pesamaan trigonometri sederhana.
·
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal pada lembar LKS.
·
Guru
dan siswa membahas soal latihan secara bersama-sama.
3. Penutup
·
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman.
·
Guru
dan siswa melakukan tanya jawab.
·
Guru
memberikan tugas (PR) yang terdapat pada LKS.
Pertemuan 2
1. Pendahuluan
Apersepsi :
Membahas PR.
Motivasi :
Apabila materi ini dipelajari dengan baik, siswa dapat membuktikan
identitas trigonometri dan menyelesaikan soal dengan menggunakan
aturan sinus dan kosinus.
2. Kegiatan
Inti
·
Guru
mendemonstrasikan cara membuktikan identitas tigonometri dengan memberikan
contoh.
·
Guru
meminta siswa mengerjakan soal yang berhubungan dengan pembuktian identitas
trigonometri pada LKS.
·
Kemudian
guru membuktikan aturan sinus dan kosinus dengan menggunakan gambar segitiga.
·
Guru
memberikan contoh yang berhubungan dengan menyelesaikan soal dengan menggunakan
aturan sinus dan kosinus.
·
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal yang berhubungan dengan aturan sinus dan
kosinus pada LKS.
·
Guru
dan siswa membahas soal-soal tentang pembuktikan identitas trigonometri dan
aturan sinus dan kosinus secara bersama-sama.
3. Penutup
·
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman.
·
Siswa
dan guru melakukan tanya jawab.
·
Guru
memberikan tugas (PR) yang terdapat pada LKS.
Pertemuan 3
1. Pendahuluan
Apersepsi :
·
Membahas
PR
·
Mengingatkan
kembali tentang luas segitiga.
Motivasi :
Apabila materi ini dipelajari dengan baik, siswa dapat menghitung luas
segitiga yang komponenya diketahui dan banyak terdapat dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan
Inti
·
Siswa
diberi activity plan tentang penemuan rumus luas segitiga dengan besar sudut
dan sisi yang mengapit sudut itu diketahui.
·
Siswa diberi stimulasi berupa materi tentang
luas segitiga dengan besar dua sudut dan satu sisi yang terletak di antara
kedua sudut diketahui dan luas segitiga dengan ketiga sisinya diketahui.
·
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal yang berhubungan dengan luas segitiga pada
LKS.
·
Guru
dan siswa membahas soal-soal latihan secara bersama-sama.
3. Penutup
·
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman.
·
Guru
dan siswa melakukan tanya jawab.
·
Guru
memberikan tugas (PR) yang terdapat pada LKS.
F. Sumber
Belajar
1.
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
2.
Buku
Matematika SMA/MA Kelas X, Karya
G. Penilaian
Teknik
penilaian :Tes tertulis
Bentuk
instrument : Uraian
H. Instrument
Mengetahui
Kepala Sekolah......................... Guru
Mata Pelajaran
.................................................. ..................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar